Forum Keserasian Sosial Resmikan Tugu Keserasian Sosial

By Administrator Pada : 27 Nov 2020, 17:23:59 WIB, - Kategori : Sosial dan BudayaForum Keserasian Sosial Resmikan Tugu Keserasian Sosial

Sawahdadap - Forum Keserasian Sosial “SAHATE” melaksanakan dialog tematik ke II sekaligus meresmikan tugu keserasian sosial FKSBM SAHATE. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Cimanggung, Kapolsek Cimanggung, Danramil Cimanggung, beserta dari Dinas Sosial Kabupaten Sumedang dan Dinsos Jabar, Kamis (26/11).

 

Dalam sambutannya Kepala Desa Sawahdadap, Suganda, menyampaikan syukur dan berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada Kementerian Sosial RI atas kucuran dana bantuan untuk keserasian sosial, tidak lupa terima kasih juga kepada pihak-pihak terkait yang telah bekerja sama dalam menyukseskan program keserasian sosial. Semoga dengan adanya program ini kita dapat tetap gotong royong untuk mencegah konflik sosial.

 

Selain itu dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang ikut berpartisipasi, mulai dari dialog I sampai dengan dialog tematik II dan juga peresmian Tugu FKBSM Sahate.

 

Dinsos Jabar menyampaikan, bahwa kegiatan forum keserasian sosial ini merupakan program dari Kementerian Sosial. Disamping itu ada pula beberapa kegiatan seperti dialog tematik I sampai kegiatan tematik II. Sedangkan untuk pembangunan fisiknya berupa pembuatan saluran drainase. Dalam kesempatan itu, Dinsos Jabar menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah bersama-sama mensukseskan kegiatan ini dengan aman dan lancar sampai selesai. Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan program dari Kementerian Sosial yang berupa drainase ini, dikerjakan secara bergotong royong, sehingga proses pengerjaannya lebih mudah.

 

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Dinsos Kabupaten Sumedang kepada FKS Desa Sawahdadap yang selalu membantu dan ikut serta dalam memajukan desanya. Lebih lanjut ia berharap, kedepannya Dinas Sosial Kabupaten Sumedang bisa terus hadir dalam memberikan informasi dan penyuluhan untuk warga Sawahdadap khususnya di perbatasan-perbatasan wilayah RT/RW, Dusun dan Desa sehingga bisa selalu sinkronisasi dan terus berlanjut pada program-program yang lain, karena di Desa Sawahdadap banyak potensi-potensi sosial oleh karenanya perlu wawasan dan bantuan agar potensi tersebut tetap terjaga dan dilestarikan serta dikembangkan.

 

Berbicara tentang keserasian sosial, Camat Cimanggung mengatakan, bagaimana menjaga kondisi kehidupan bermasyarakat agar tetap kondusif. Sehingga keserasian sosial ini kehidupan dinamis. “Dalam arti, masyarakat selalu menerapkan tingkah laku hidup gotong royong, persaudaraan, silaturahmi, saling menghargai, kasih sayang dan lainnya,” jelasnya.

 

Kapolsek Cimanggung juga mengatakan, jika suatu desa atau daerah tidak ada lagi keserasian sosial maka paham-paham radikalisme bisa masuk. Dan potensi konflik sosial bisa saja terjadi. Karna jika sudah terjadi konflik sosial maka kehidupan tidak akan tenang. “Saya apresiasi Desa Sawahdadap, karena sampai hari cukup baik dalam menjaga Kamtibmas,” tuturnya.

 

Referensi: https://sawahdadap.desa.id/dialog-tematik-2-dan-peresmian-tugu-keserasian-sosial-fkbsm-sahate/