SOSIALISASI SAKIP DESA TINGKAT KECAMATAN CIMANGGUNG
SAKIP DESA

Di Publish Oleh Administrator 25 Sep 2020, 15:48:57 WIBKategori:

SOSIALISASI SAKIP DESA TINGKAT KECAMATAN CIMANGGUNG

Pemaparan Sakip Desa, DIKDIK SYEH RIZKI,S.Sos,M.Si (camat cimanggung)


CIMANGGUNGKEC.SUMEDANG.KAB.GO.ID;

Kabupaten Sumedang menjadi  kabupaten pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) desa. Untuk itu, Kabupaten Sumedang diharapkan menjadi Kabupaten percontohan pengelolaan SAKIP desa. SAKIP DESA adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja yang kini juga akan diterapkan di Pemerintahan Desa.

 

Kemampuan para Perangkat Desa harus lebih ditingkatkan lagi sehingga masyarakat dapat lebih merasakan pelayanan dengan baik. Kinerja Pemerintah Desa dapat terlihat pada kualitas kinerja dan Kemampuan para perangkat Desa dalam mengelola dan menjalakan Sistem Akuntabilitas Kinerja terhadap pengukuran kinerja pemerintahan Desa itu sendiri.

Masyarakat dapat megetahui dan menilai seberapa bagus kinerja Pemerintahan Desa yang mengacu pada SAKIP dan melihat indikator kinerja yang ada dalam sistem ini. Peran pemerintah adalah untuk mensejahterakan masyarakat, dengan berkurangnya angka kemiskinan, menurunnya angka stunting, meningkatnya pelayanan publik,  meningkatnya derajat pendidikan, kuatnya insfrastruktur, meningkatnya kesehatan, serta menurunnya angka kematian ibu dan bayi.