Pembinaan Satlak Penanggulangan Bencana Kecamatan Cimanggung

Di Publish Oleh Administrator 31 Okt 2020, 18:41:39 WIBKategori: Trantibum

Pembinaan Satlak Penanggulangan Bencana Kecamatan Cimanggung

Camat, Kapolsek dan Danramil Cimanggung mengikuti Simulasi Tanggap Bencana


CIMANGGUNG - Kecamatan Cimanggung berkolaborasi bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sumedang, dalam pelaksanaan Pembinaan Satlak Penanggulangan Bencana Tingkat Kecamatan Cimanggung Tahun 2020. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kecamatan Cimanggung pada Selasa, (22/9).

Acara yang selalu diadakan tiap satu tahun sekali ini turut ditandangi oleh Camat, Kapolsek dan Danramil Cimanggung. Selain itu, acara juga turut dihadiri oleh para peserta dari jajaran Linmas (Perlindungan Masyarakat), Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, serta Relawan Bencana.

Dalam pemaparannya Kapolsek Cimanggung, Herdis Suhardiman menyampaikan hal-hal terkait bencana. Ia menyatakan bahwa bencana terbagi menjadi bencana alam dan non alam. Penyebabnya bisa secara alami, artinya ada alam yang terganggu. Maupun non alam yang disebabkan manusia, misalnya penebangan pohon secara liar sehingga terjadi longsor dan banjir.

“Bencana alam terkadang datangnya tidak disangka-sangka, yaitu rangkaian peristiwa yang mengancam kehidupan atau penghidupan masyarakat,” katanya. Lanjutnya, dampak bencana alam bisa merugikan manusia, lingkungan, harta benda, dan psikologis.

Sejalan dengan itu, Camat Cimanggung, Dikdik Syeh Rizki pun ikut mengimbau agar terciptanya kerjasama dan sinergitas antara masyarakat dan pemerintahan. “Kita harus tanggap bencana, apalagi di Kecamatan Cimanggung sering terjadi bencana yang sudah tidak asing seperti banjir, dan hampir selalu di titik yang sama,” ujarnya.

Sebagai solusi sederhana, Danramil Cimanggung, Setiyo Pribadi menyarankan agar kita dapat memperbaiki pola hidup bersih dan sehat. Peran ini dapat diterapkan oleh masing-masing mulai dari hal terkecil, seperti cara membuang atau mendaur sampah yang benar.

Camat Cimanggung, Dikdik Syeh Rizki dan Kapolsek Cimanggung, Herdis Suhardiman saat mengikuti proses simulasi penyelamatan korban kejadian bencana yang dibimbing oleh pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sumedang. Simulasi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan Pembinaan Satlak Penanggulangan Bencana Tingkat Kecamatan Cimanggung Tahun 2020, yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Cimanggung.

Sebelum terjun dalam simulasi, sebelumnya pihak BPBD Sumedang, Adang telah memberikan pembekalan sederhana terkait penyelamatan pertama. “Dalam penyelamatan jiwa atau korban, diutamakan untuk didahulukan yaitu mulai dari anak-anak, orang tua, ibu hamil, disabilitas, dan lainnya,” paparnya pada Selasa, (22/9).

Dalam pelaksanaan simulasi ini, pihak relawan BPBD dibantu oleh beberapa relawan dari kalangan peserta yang hadir. Diantaranya mereka mempraktikkan cara penyelamatan atau evakuasi korban dari bencana tertentu. Seperti cara evakuasi korban dengan resiko patah kaki atau patah tangan, lalu cara menyelamatkan korban yang terjatuh ke jurang atau air.

Relawan BPBD juga berharap agar hasil dari pembekalan simulasi ini dapat berguna. Dan nantinya kita harus lebih sigap, siap, serta siaga saat mengalami maupun melihat bencana yang terjadi di sekitar.

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CFcV8KHhBN1/

https://www.instagram.com/p/CFcW5frpHBt/