Gorong-gorong Tersumbat Sebabkan Banjir

Di Publish Oleh Administrator 31 Okt 2020, 18:30:59 WIBKategori: Trantibum

Gorong-gorong Tersumbat Sebabkan Banjir


CIMANGGUNG – Camat Cimanggung, meninjau salah satu lokasi selokan di depan sebuah ruko yang berlokasi di samping jembatan Sungai Cimande, Jalan Parakanmuncang, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin 26 Oktober 2020.

Diduga selokan tersebut tersumbat oleh sampah dan menjadi salah satu pemicu banjir saat terjadi hujan.

Camat Cimanggung didampingi oleh Satpol PP berkoordinasi dengan Satgas Citarum Harum, TNI, POLRI, Pasukan Kuning dilapangan untuk bergotong royong membersihkan sumbatan sampah agar aliran air berjalan lancar.

Camat Cimanggung, Dikdik Syeh Rizki, mengatakan saat hujan wilayah ini seringkali digenangi banjir hingga setinggi 30 sentimeter.

“Air sering menggenang sehingga sekilas nampak tidak mengalir, selain itu banyak sampah yang menyumbat di saluran air,” ucap Dikdik.

Hal ini diperparah dengan adanya beton yang menutup akses drainase.

“Selokan tersebut menyempit tertutup beton, sehingga menghambat laju air.  Makanya hari ini beton yang ada di depan ruko dibongkar,” kata Dikdik.

Sebelumnya Serka Erik Krisyana, seorang prajurit TNI AD yang tengah menjadi perbincangan warganet. Pasalnya, ia melakukan aksi heroiknya dengan cara menyelam sedalam 4 meter untuk membersihkan sampah menyumbat di gorong-gorong, di Jalan Parakanmuncang, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Aksi heroik tak biasa Serka Erik tersebut dilakukan pada Jumat 23 September 2020. Saat itu, ia tengah berpatroli bersama 6 Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 15 Subsektor 21 dan menemukan adanya gorong-gorong yang tersumbat akibat tumpukan sampah.

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CG0AZYUhZz6/  

https://notif.id/2020/18186/news/dianggap-kerap-menyebabkan-banjir-beton-drainase-di-cimanggung-sumedang-dibongkar/