Bincang UMKM Kecamatan Cimanggung
UMKM Kecamatan Cimanggung

Di Publish Oleh Administrator 02 Okt 2020, 10:25:02 WIBKategori:

Bincang UMKM Kecamatan Cimanggung

Ilustrasi UMKM


CIMANGGUNGKEC.SUMEDANGKAB.GO.ID,Cimanggung-Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumedang merupakan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumedang saat ini. Bentuk perhatian yang dicanangkan pihak pemerintahan ini dengan mendukung penuh para pelaku usaha UMKM, baik dengan menyediakan sarana prasarana pemasaran, permodalan, dan lain sebagainya.

Menurut penuturan Sekretaris Forum Silaturahmi UMKM Unggulan Kabupaten Sumedang sekaligus Koordinator UMKM Kecamatan Cimanggung, Atikah, kemeterian pun mengadakan pemberian bantuan dana untuk UMKM, terutama usaha yang terhalang Covid-19. Pergerakkannya dimulai dengan melakukan pendataan setiap UMKM yang ada di setiap Desa yang berhak diusulkan ke Kementerian.

“Dengan catatan (pelaku UMKM) benar-benar memiliki usaha, punya tabungan kurang dari Rp. 2.000.00,00, menyertakan KTP, KK, jadi tidak sebarang acc. Perlu diingat pula bahwa yang sebelumnya sudah mendapatkan PKH pun tidak bisa mendapatkan bantuan ini karena itu sama-sama bantuan dari pemerintah. Tindak lanjutnya nanti akan ada verifikasi dan survei,” paparnya.

Di samping itu, Atikah juga mengenalkan beberapa jenis UMKM unik yang ada di setiap Desa di Kecamatan Cimanggung, karena pada dasarnya setiap Desa memiliki ciri khas masing-masing. Diantaranya Pasirnanjung dengan aneka keripik tisu hingga abon ayam, Desa Tegalmanggung dengan makanan khas ganyong atau ganyol. Lalu Cihanjuang dengan makanan khas combro ngeprosnya, Sindangpakuon dengan khas ramuan herbal kunyit dan jahe instan tinggal seduh.

Tidak ketinggalan ada Sindanggalih dengan Cadas (Camilan Pedas) serta permen susu. Selanjutnya Pasirnanjung yang memiliki binaan Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan produksi makanan dari bahan dasar tepung aci seperti Kripca (Keripik Kaca). Lalu ada Cikahuripan dengan produksi manisan terong ungu. Serta Cimanggung dengan makanan khas aneka opak, kelontong, keripik ubi ungu dengan brand De Raos.

Melihat potensi yang dinilai menjanjikan, Atikah juga turut berharap agar Cimanggung segera memiliki gerai UMKM. “Tujuan adanya galeri UMKM diantaranya untuk memasarkan olahan-olahan makan yang ada di setiap Desa masing-masing. Karena terkadang mereka kesulitan dalam memasarkan maka kita tampung semuanya disitu, mulai dari makanan, hingga kerajian yang ada di Cimanggung,” ujarnya.

Ia juga berharap agar UMKM yang ada di Kecamatan Cimanggung bisa maju, “Inginnya setiap Desa itu mempunyai pabrik seperti yang diharapkan Bupati dengan program satu produk satu Desa. Maju semua usahanya dan bisa go internasional,” tutupnya saat kami temui di Kediamannya, Pasirnanjung, Kamis (17/09).

 (Dri*Rita*Ratih)